December 21, 2018 | BPS Activities
Dalam rangka meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dan kualitas pelayanan yang diberikan, BPS melakukan suatu survei yang disebut dengan Survei Kebutuhan Data (SKD). Kegiatan SKD pertama kali dilaksanakan pada tahun 2005 di BPS. Pada tahun 2008, dilakukan pilot survei SKD di BPS dan lima BPS provinsi, yaitu BPS Provinsi Bangka Belitung, BPS Provinsi Lampung, BPS Provinsi Jawa Barat, BPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan BPS Provinsi Bali. Kegiatan SKD pada tahun 2009 dan 2010 dilakukan di BPS dan 11 BPS provinsi yang berbeda. Sejak tahun 2011, SKD dilaksanakan di BPS dan 33 BPS provinsi di seluruh Indonesia. Pada tahun 2014, SKD mulai dilaksanakan sampai tingkat kabupaten/kota.
SKD tahun 2018 dilaksanakan sampai tingkat kabupaten/kota dengan melakukan perubahan pada kuesioner. Pelaksanaan survei tahun ini diharapkan dapat memperoleh masukan lebih banyak dari pengguna data, sehingga dapat meningkatkan kinerja BPS sebagai penyedia data dan informasi statistik. Berikut adalah tabel hasil SKD 2018:
Tabel 1. Persentase Konsumen menurut Jenis Kelamin SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah (orang) | Laki Laki (%) | Perempuan (%) |
Nasional | 18376 | 55.56 | 44.44 | |
6303 | BANJAR | 30 | 43.33 | 56.67 |
Tabel 2. Persentase Konsumen menurut Pekerjaan Utama SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah (orang) | Pelajar/ Mahasiswa (%) | Peneliti/ Dosen (%) | PNS/ TNI/ Polri (%) | Pegawai BUMN/D (%) | Pegawai Swasta (%) | Wiraswasta (%) | Pekerjaan Utama Lainnya (%) |
Nasional | 18376 | 32.38 | 2.62 | 46.47 | 4.49 | 5.95 | 1.55 | 6.52 | |
6303 | BANJAR | 30 | 13.33 | 0 | 66.67 | 3.33 | 3.33 | 0 | 13.33 |
Tabel 3. Persentase Konsumen menurut Pemanfaatan Hasil Kunjungan PST SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah (orang) | Tugas Sekolah/ Tugas Kuliah (%) | Skripsi/ Thesis/ Disertasi (%) | Penelitian (%) | Perencanaan (%) | Evaluasi (%) | Penyebaran Informasi (%) |
Nasional | 18376 | 12.31 | 16.8 | 9.2 | 33.05 | 17.31 | 11.32 | |
6303 | BANJAR | 30 | 2.78 | 8.33 | 2.78 | 52.78 | 19.44 | 13.89 |
Tabel 4. Persentase Konsumen menurut Jenis Layanan yang Digunakan SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah (orang) | Layanan Perpustakaan Tercetak (%) | Layanan Perpustakaan Digital (%) | Layanan Penjualan Buku (%) | Layanan Data Mikro/ Peta Digital/ Softcopy Publikasi (%) | Layanan Konsultasi Data Statistik (%) | Layanan Konsultasi Kegiatan dan Rekomendasi Statistik (%) |
Nasional | 18376 | 35.47 | 13.2 | 1.03 | 30 | 17.44 | 2.86 | |
6303 | BANJAR | 30 | 38.71 | 9.68 | 0 | 25.81 | 25.81 | 0 |
Tabel 5. Persentase Konsumen menurut Fasilitas Utama yang Digunakan untuk Memperoleh Data BPS Setahun Terakhir SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah (orang) | Website BPS (%) | Telepon/ Faximilie (%) | E-mail (%) | Surat (%) | PST/ Perpustakaan BPS (%) | Forum Layanan Statistik (%) | Fasilitas Lainnya (%) |
Nasional | 18376 | 28.46 | 2.21 | 2.92 | 6.12 | 54.26 | 4.27 | 1.76 | |
6303 | BANJAR | 30 | 23.33 | 0 | 3.33 | 16.67 | 46.67 | 3.33 | 6.67 |
Tabel 6. Persentase Konsumen yang Puas dengan Kelengkapan Data SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) | Jumlah (orang-data) |
6303 | BANJAR | 97.95 | 146 |
Tabel 7. Persentase Konsumen yang Puas dengan Akurasi Data SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) | Jumlah (orang-data) |
6303 | BANJAR | 98.63 | 146 |
Tabel 8. Persentase Konsumen yang Puas dengan Kemutakhiran Data SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) | Jumlah (orang-data) |
6303 | BANJAR | 98.63 | 146 |
Tabel 9. Persentase Konsumen yang Puas dengan Kualitas Data Statistik SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) | Jumlah (orang-data) |
6303 | BANJAR | 100 | 146 |
Tabel 10. Persentase Konsumen yang Menggunakan Data BPS sebagai Rujukan Utama SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah Konsumen (orang) | Rujukan Utama (%) | Bukan Rujukan Utama (%) |
6303 | BANJAR | 30 | 86.67 | 13.33 |
Tabel 11. Persentase Konsumen yang Puas dengan Layanan Data BPS SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) |
6303 | BANJAR | 96.96 |
Tabel 12. Persentase Konsumen yang Menggunakan Data BPS dalam Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Nasional SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Jumlah Konsumen (orang) | Tugas Sekolah/ Tugas Kuliah (%) | Skripsi/ Thesis/ Disertasi (%) | Penelitian (%) | Perencanaan (%) | Evaluasi (%) | Penyebaran Informasi (%) |
6303 | BANJAR | 30 | 2.78 | 8.33 | 2.78 | 52.78 | 19.44 | 13.89 |
Tabel 13. Persentase Konsumen yang Puas terhadap Akses Data BPS SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) |
6303 | BANJAR | 92.65 |
Tabel 14. Persentase Konsumen yang Puas terhadap Pemenuhan Sarana dan Prasarana BPS SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | Puas (%) |
6303 | BANJAR | 94.74 |
Tabel 15. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | IKK |
6303 | BANJAR | 78.28 |
Tabel 16. Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) SKD 2018
Kode Daerah | Nama Daerah | IPAK |
6303 | BANJAR | 90.28 |
Related News
Training of Nusantara Tourist Survey Officers 2018
Expose Strategic Data and HDI Analysis of Banjar Regency 2018
National Labour Force Survey (Sakernas) 2015
SOCIO-ECONOMIC SURVEY OF NATIONAL [SUSENAS MARCH 2015]
Training of National Labor Force Survey (Sakernas) February 2019
Instructor Training Area (Inda) Social Protection Survey (SPS) 2013
BPS-Statistics Indonesia
Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar (Statistics of Banjar Regency)Alamat : Jln Ahmad Yani Km 39
5 No 51
70614 Martapura
Kabupaten Banjar
Prov Kalimantan Selatan Telepon : +62 511 4721394
Fax : +62 511 4721394 Email : bps6303@bps.go.id
bps6303@gmail.com
About Us