Latar Belakang Pelayanan Statistik Terpadu
Visi Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pelopor Data Statistik Terpercaya untuk Semua yang dipertegas lagi dalam misinya yaitu meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak. Atas dasar itulah, BPS Provinsi Kalimantan Selatan berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut dalam suatu kerangka yang lebih implementatif.
Secara umum terdapat beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa BPS perlu melakukan peningkatan pelayanannya. Pertama, pelayanan publik merupakan salah satu pilar Reformasi Birokrasi BPS. Kedua, pelayanan publik merupakan quick wins BPS dalam Reformasi Birokrasi. Ketiga, pelayanan publik merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral BPS kepada masyarakat.
Secara khusus, dalam program Statistical Capacity Building-Change and Reform for the Development of Statistics (Statcap - Cerdas) di bidang diseminasi mencantumkan bahwa peningkatan kualitas data sekaligus peningkatan kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap pelayanan dan statistik merupakan sesuatu yang penting dan strategis. Beberapa permasalahan yang dijumpai dalam pelayanan statistik, antara lain adalah hal-hal yang berkaitan dengan akses data, perhatian terhadap pengguna data, dan sistem yang ramah pengguna.
Selama ini, pelayanan yang diberikan oleh BPS kepada masyarakat masih dilakukan secara silo, yaitu setiap bagian di BPS memberikan pelayanan secara terpisah dan terpilah. Pelayanan semacam ini mengakibatkan banyak pengguna yang mengalami kebingungan. Selain itu, pelayanan ini juga menjadi tidak efektif karena terlalu banyak unit yang harus dihubungi oleh pengguna. Oleh sebab itu, BPS Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang IPDS, mencanangkan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang merupakan pelayanan satu pintu (one gate services) dan juga one stop services.
Maksud dan Tujuan Pelayanan Statistik Terpadu
Maksud dan tujuan pelaksanaan Pelayanan Statistik Terpadu di BPS Provinsi Kalimantan Selatan dan BPS Kabupaten/Kota:
-
Menerapkan pelayanan satu pintu (one gate services) dimana setiap pengguna dan konsumen data dapat mengakses setiap pelayanan melalui satu pintu.
-
Memberikan kemudahan bagi pengguna yang memerlukan data dengan memberikan beberapa jenis layanan yaitu pelayanan pustaka tercetak, pelayanan pustaka digital, pembelian publikasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, pelayanan data mikro, konsultasi statistik sampai dengan rekomendasi/bantuan survei.
-
Menerapkan standarisasi pelayanan bagi pengguna data baik di BPS Provinsi Kalimantan Selatan maupun BPS Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.
-
PST merupakan salah satu komponen dalam pelaksanaan quick wins BPS, sehingga PST dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan quick wins BPS selain dua komponen lainnya yaitu Advance Release Calendar (ARC) dan Website.
Badan Pusat Statistik menyediakan suatu bagian khusus yang bertugas untuk melayani permintaan data dan juga rujukan statistik (Statistic References). Dalam struktur organisasi kantor BPS Kabupaten/Kota, wewenang ini ditugaskan kepada Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik. Sebagai contact person yaitu :
1. Arrahman Adnani, SST, MT
Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik
Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar
Alamat : Jln Ahmad Yani Km 39,5 No 51, 70614 Martapura, Kabupaten Banjar, Prov Kalimantan Selatan
Telepon : +62 511 4721394, Fax : +62 511 4721394
Email : bps6303@bps.go.id, bps6303@gmail.com