Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo Logo Berakhlak
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
      • Informasi Umum
      • Visi dan Misi
      • Struktur Organisasi
      • Tugas, Fungsi, dan Kewenangan
      • Moto dan Maklumat Pelayanan
      • Pengolahan Data
    • Regulasi
    • Pusat Pelayanan
    • Kinerja BPS
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Program dan Kegiatan
      • Tentang BPS
      • Keuangan
      • Laporan Pelayanan Data
      • Penghargaan
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Regulasi
      • Jadwal Jumpa Pers
      • Publikasi Online
      • Unduh
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
DATA SENSUS
Beranda » Tentang Kami » Pusat Pelayanan

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Harga Perdagangan Besar

Hotel dan Pariwisata

Indeks Tendensi Konsumen

Industri

Inflasi

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

PDRB (Lapangan Usaha)

PDRB (Pengeluaran)

Transportasi

Upah Buruh

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi


Pusat Pelayanan

Latar Belakang Pelayanan Statistik Terpadu
 

Visi Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pelopor Data Statistik Terpercaya untuk Semua yang dipertegas lagi  dalam  misinya yaitu meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak. Atas dasar itulah, BPS Provinsi Kalimantan Selatan  berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut dalam suatu kerangka yang lebih implementatif.

 

Secara umum terdapat beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa BPS perlu melakukan peningkatan pelayanannya. Pertama, pelayanan publik merupakan salah  satu pilar Reformasi Birokrasi BPS.   Kedua, pelayanan publik merupakan quick wins BPS dalam Reformasi Birokrasi. Ketiga, pelayanan publik merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral BPS kepada masyarakat.

 

Secara khusus, dalam program Statistical Capacity Building-Change and Reform for the Development of Statistics (Statcap - Cerdas) di  bidang  diseminasi  mencantumkan bahwa peningkatan kualitas data sekaligus peningkatan kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap pelayanan dan statistik merupakan sesuatu yang penting dan strategis.  Beberapa permasalahan yang dijumpai dalam pelayanan statistik, antara lain adalah hal-hal yang berkaitan dengan akses data, perhatian terhadap pengguna data, dan sistem yang ramah pengguna.

 

Selama ini, pelayanan yang diberikan oleh BPS kepada masyarakat masih dilakukan secara silo, yaitu setiap bagian di BPS memberikan pelayanan secara terpisah dan terpilah.  Pelayanan semacam  ini  mengakibatkan banyak pengguna yang mengalami kebingungan. Selain  itu, pelayanan ini juga menjadi tidak efektif karena terlalu banyak unit yang harus dihubungi oleh pengguna. Oleh sebab itu, BPS Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang IPDS, mencanangkan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang merupakan pelayanan satu pintu (one gate services) dan juga one stop services.

 

Maksud dan Tujuan Pelayanan Statistik Terpadu
 

Maksud dan tujuan pelaksanaan Pelayanan Statistik Terpadu di BPS Provinsi Kalimantan Selatan dan BPS Kabupaten/Kota:

 

  1. Menerapkan pelayanan satu pintu (one gate services) dimana setiap pengguna dan konsumen data dapat mengakses setiap pelayanan melalui satu pintu.

  2. Memberikan kemudahan bagi pengguna yang memerlukan data dengan memberikan beberapa jenis layanan yaitu pelayanan pustaka tercetak, pelayanan  pustaka digital, pembelian publikasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, pelayanan data mikro, konsultasi statistik sampai dengan rekomendasi/bantuan survei.

  3. Menerapkan standarisasi pelayanan bagi pengguna data baik di BPS Provinsi Kalimantan Selatan maupun BPS Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

  4. PST merupakan salah satu komponen dalam pelaksanaan quick wins BPS, sehingga PST dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan quick wins BPS selain dua komponen lainnya yaitu Advance Release Calendar (ARC) dan Website.

Badan Pusat Statistik menyediakan suatu bagian khusus yang bertugas untuk melayani permintaan data dan juga rujukan statistik (Statistic References). Dalam struktur organisasi kantor BPS Kabupaten/Kota, wewenang ini ditugaskan kepada Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik. Sebagai contact person yaitu :

1. Arrahman Adnani, SST, MT

    Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar
Alamat : Jln Ahmad Yani Km 39,5 No 51, 70614 Martapura, Kabupaten Banjar, Prov Kalimantan Selatan
Telepon : +62 511 4721394, Fax : +62 511 4721394
Email : bps6303@bps.go.id, bps6303@gmail.com

 

Selamat Datang di Website Resmi BPS Kabupaten Banjar. Publikasi yang sudah dirilis dapat diunduh dalam bentuk pdf pada menu publikasi. Untuk mendapatkan informasi lebih rinci silahkan datang pada Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Banjar Jln Ahmad Yani Km 39,5 No 51, 70614 Martapura setiap hari Senin-Jumat pada jam kerja. || Saat ini website Badan Pusat Statistik sedang dalam proses integrasi dengan sistem internal, mohon maaf apabila beberapa layanan kami mengalami gangguan terutama pada koleksi publikasi yang kami sajikan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar (Statistics of Banjar Regency)
Alamat : Jln Ahmad Yani Km 39,5 No 51, 70614 Martapura, Kabupaten Banjar, Prov Kalimantan Selatan Telepon : +62 511 4721394, Fax : 
+62 511 4721394 

Email : bps6303@bps.go.id, bps6303@gmail.com

 

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
    • Regulasi
    • Pusat Pelayanan
    • Kinerja BPS
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Program dan Kegiatan
      • Tentang BPS
      • Keuangan
      • Laporan Pelayanan Data
      • Penghargaan
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Regulasi
      • Jadwal Jumpa Pers
      • Publikasi Online
      • Unduh
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
      • Informasi Dikecualikan
  • Tautan
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

Lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Harga Perdagangan Besar

Hotel dan Pariwisata

Indeks Tendensi Konsumen

Industri

Inflasi

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Nilai Tukar Petani

PDRB (Lapangan Usaha)

PDRB (Pengeluaran)

Transportasi

Upah Buruh

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Kehutanan

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan